Freshwater Pearl - South Sea Pearl - Black Tahitian Pearl - Silver - Gold - Ring - Pendand - Bracelet - Necklaces - Loose bead - Mabe - Half Pearl
News

Bagaimana Cara Membersihkan Perhiasan Perak

24 Maret 2008

Bagaimana cara membersihkan Perhiasan Perak

Karena terjadinya proses Oksidasi membuat perhisan perak menjadi buram dan timbulnya semacam kerak dipermukaan perak tersebut, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya proses oksidasi , misalnya perhiasan perak di simpan didalam almari dalam waktu yang lama sehingga udara yang bercampur dengan unsur unsur kimia seperti cat , varnish dan lain sebagainya yang mempengaruhi udara didalam almari tersebut, atau perak terkena langsung dengan zat lain pada saat kita gunakan seperti parfum, belerang pada saat kita mandi air panas dari sumber alam , atau mandi dengan sabun sulfur untuk mengurangi jerawat yang banyak dijual dipasaran , air laut atau zat-zat yang lainya , bahkan keringat kita dapat juga membuat perhiasan perak menjadi berubah atau karena proses oksidasi tersebut. Kadang kita dapati perhiasan perak satu dengan yang lainya berbeda didalam proses oksidasinya atau yang sering konsumen mengeluh misalnya “ kok cincin saya yang satu ini lebih cepat berubah warnanya dan kalau dicuci atau dibersihkan tidak kembali lagi seperti semula dibandingkan dengan cincin perak saya yang satunya” hal ini disebabkan kadar prosentase campuran perak didalam perhiasan tersebut, semakin besar kandungan peraknya semakin baik dan membuat perhiasan tersebut tidak mudah berubah warna, namun kelemahanya membuat perhiasan tersebut menjadi lentur hal ini membuat perhiasan menjadi mudah “penyok” atau berubah bentuk. Perhiasan perak kami mengandung 92.5% kadar peraknya.


Bagaimana cara membersihkan perak ?

Cara lama dan mudah orang membersihkan perhiasan perak yaitu dengan cara dicuci dengan sabun cuci piring atau dengan bahasa jawa “klerek” atau dengan pembersih yang mengandung baking soda, seperti pasta gigi, seperti pada saat saya menulis ini saya ambil perhiasan perak saya yang sudah lama tidak saya pakai kemudian saya ambil “odol” atau pasta gigi dan saya gosok dengan odol permukaan peraknya kemudian saya cuci dengan sabun pencuci piring dengan sikat gigi bekas disikat perlahan-lahan kemudian dibasuh dengan air bersih hasilnya

seperti dalam contoh gambar disamping , di toko perhiasan yang menerima jasa membersihkan perhiasan tentu hasilnya lebih baik lagi karena peralatan yang mereka punya lebih lengkaplagi.

Mereka juga dapat mengembalikan keadaan perhiasan kita sama seperti pada saat kita membelinya karena perhiasan tersebut degosok dengan “amplas” yang sangat halus biasanya amplas no 1000 atau no 2000, kemudian dicuci dengan air dan diamplas lagi sampai betul betul halus dan setelahitu digosok dengan autosol sehingga cincin atau perhiasan tersebut menjadi mengkilat. (gambar cincin saya disamping tidak meggunakan perlengkapan tersebut , hanya saya gosok dengan odol kemudian dicuci dengan sabun cuci piring kemudian saya keringkan hasilnya cukup lumayan ) anda juga dapat melakukanya sendiri dirumah dengan membeli perlengkapan yang sama seperti mereka punya dan cara membersihkan dengan amplas jangan anda lakukan untuk perhiasan “sepuhan” atau lapisan baik itu emas maupun perak karena akan menghilangkan lapisan tersebut , lebih baik anda hati-hati dengan cara tersebut untuk membersihkan perhiasan anda karena kalau anda tidak yakin dengan perhiasan anda lebih baik anda Tanya kepada penjualnya apakah perhiasan tersebut asli atau sepuhan karena begitu anda gosok dengan amplas halus tadi bukanya tambah mengkilap tetapi tambah buram karena lapisan yang seharusnya melapisi perhiasan tersebut malah hilang .

memang hal ini akan membuat berat perhiasan kita menyusut apalagi perhiasan kita terbuat dari emas yang tentunya akan merugikan kita karena harga emas yang mahal, namun tidak terlalu rugi kalau perhiasan kita terbuat dari perak karena harga perak yang tidak semahal emas.


-----Nugroho----




 



Baca juga
  » 27 Oktober 2011
Kelompok Tani budi daya kerang Mutiara " Maxima Baru "
Sekilas tentang kelompok “MAXIMA BARU” “Kelompok Maxima Baru” didirikan pada hari kamis tanggal 13 Oktober 2011, di Desa Medang, Kecamatan Sekotong Barat atas inisiatif para calon anggotanya. Kelompok ini didirikan oleh 10 orang anggota yang sebelumnya telah mendapatkan pengalaman kerja pada perusahaan swasta yang bergerak dibidang budiaya tiram mutiara (Pinctada maxima).

  » 11 Oktober 2010
"SHELL PEARL"
Shell Pearl, Akhir-akhir ini di televisi ramai diiklankan kalung mutiara yang dinamai seperti Ibu Negara Amerika Serikat. Harga yang ditawarkan, walau mencapai satu juta lebih, namun dengan kualitas yang ditunjukkan (butiran sangat besar, 14 mm; bentuk seragam, luster sempurna dan blemish nol), tentu jauh lebih murah dibanding seuntai kalung southsea pearl asli kualitas prima yang mencapai 20 juta rupiah.

  » 12 Februari 2009
Di Balik Kalung "Tin Cup"
Atas permintaan seorang pelanggan, baru-baru ini kami memunculkan model kalung dan gelang yang disebut "tin cup".

  » 22 Desember 2008
Apa itu "Sterling Silver" ?
Adalah campuran perak yang berisi perak murni sebanyak 92,5% dan 7,5% metal lain, biasanya tembaga. Ukuran perak yang bermutu tinggi mempunyai minimum millesimal kehalusan sebanyak 925.

  » 7 Oktober 2008
" Mutiara Palsu Dari Lombok" Detik News Oleh Kris Fathoni W
Dikolom berita Detik News diulas tentang "Mutiara Palsu " dari lombok Seperti di link ini , Tanggapan saya sipenulis hanya memberitakan pendapat pribadi seorang pemandu wisata yang mengatakan bahwa mutiara yang dijual oleh pedagang "asongan" dipantai senggigi adalah mutiara palsu seperti yang dituduhkan oleh pemandu wisata tersebut tanpa meminta pendapat orang yang menguasai bidangnya. dalam hal ini mutiara.